Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

PEDULI ITU INDAH

Written By cindi on Selasa, 02 Desember 2008 | 04.15

Kalau bisa di ibaratkan seperti mobil atau motor, perilaku hidup sebagian orang selalu ingin ngebut. Selalu ingin cepat sampai. Tak peduli dengan urusan warna warni pepohonan yang dilewati. Tak mau tahu dengan pengendara lain yang mungkin tersinggung. Bahkan, tak sadar dengan rambu - rambu jalan yang sempat terlanggar.


Dalam kehidupan seperti itu, mungkin perilaku - perilaku di atas bisa dianggap wajar. Karena seluruh potensi tubuh sedang menuju satu titik : Tujuan atau Target. Satu titik tadi memaksa seluruh komponen tubuh untuk tidak memperhatikan yang lain. kecuali, menjaga kecepatan. Pandangan mata selalu ke depan, pikiran tertuju pada gas dan rem, dan beberapa jari siaga di tombol klakson.


Masih juga dalam kesimpulan wajar jika banyak korban berjatuhan. Mulai dari penyeberang jalan yang tertabrak. Kambing yang tewas di tempat, dan kucing yang hancur tergilas. Sekali lagi wajar, karena pandangan terpusat pada tujuan atau terget.

Ketidakpedulian makin sempurna ketika sejumlah angan merayap memenuhi pikiran. Kalau sudah sampai, saya bisa istirahat panjang. Kalau terget terpenuhi, saya akan dikenal sebagai orang yang berprestasi. Dan seterusnya, dan seterusnya. Angan - angan terus bergumul menenggelamkan kesadaran.

Sebenarnya, kesadaran ingin mengajak si empunya menikmati seribu satu kepedulian. Kepedulian tentang pepohonan jalan yang berteriak kurang air. Kepedulian soal nafas sebagian burung yang terbang dengan nafas tersengal. Dan kepedulian dengan deru mesin kenderaan yang tidak lagi normal.

Kalau saja kesadaran tidak tertimbun angan - angan. Kalau saja fokus tidak saja berpusat pada target. Kalau saja kecepatan laju kenderaan bisa selaras dan seimbang. Ah, kepedulian terasa begitu indah. (MN)

Sumber : SAKSI Edisi No.3 Tahun VII 2004
Gambar diambil dari sini dan juga dari sini


Footnote :

Teng kyu buat kepedulian sobat - sobat semua yang sudah berkunjung ke Blog ini. Thanks for Riema Ziezie atas PR nya. Kayaknya udah pernah aku kerjakan nih PR, baca saja di sini ya.? Salam Maaf buat sobat David dan Erik yang Viral Linking Tag nya belum sempat aku lanjutkan. Thanks juga buat Sobatku, Endonezya Thanks buat Awards nya ya..? Awadrs and PR ini aku dah pernah terima kok. Baca saja di sini. Thanks for all deh pokoknya... Thanks atas kepedulian kalian semua.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar