Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

BLOGGER FOR WORD

Written By cindi on Jumat, 24 Juli 2009 | 18.12

Sejak dunia blogging mulai ramai, salah satu penyedia layanan untuk membuat blog secara gratis yang kita kenal adalah Blogger. (Ya iya lah..?!!) Situs Web yang telah diambil alih oleh Google ini dapat diakses oleh ribuan bahkan jutaan orang. Lewat blogger kita bisa mengekspersikan dan mengkreasikan diri serta berbagi ilmu pengetahun dan dapat menjalin persahabatan. Anda bisa langsung membuat blog, bikin tulisan, dan “menerbitkannya”, tanpa harus menunggu konfirmasi dari pimpinan Surat Kabar atau media cetak seperti pada koran - koran dan tabloid pada umumnya. Untuk pendaftaran, Anda memang harus online. Akan tetapi, untuk menulis Anda tidak perlu online supaya bisa menghemat biaya ber-Internet. Cara yang paling sederhana adalah dengan menulis blog dulu di penyunting teks, seperti Notepad atau Microsoft Word, secara offline. Kalau sudah selesai, baru online, kemudian buka situs Web layanan blog, login, lalu copy-paste hasil tulisan yang ada di penyunting teks. Trik manual ini pas buat blogger yang harus menggunakan jasa warnet.


teknik yang barusan sebut saja cara manual. Cara yang akan dijelaskan berikutnya kita sebut dengan cara otomatis. Dan ini pas buat yang suka ngeblog tapi akses internetnya terbatas. Tulisan tetap dibuat secara offline. Online-nya baru nanti, setelah tulisan selesai dibuat. Cara otomatis ini menggunakan Microsoft Word. Tapi, bukan sembarang Microsoft Word, melainkan Microsoft Word yang sudah dilengkapi dengan add-on bernama Blogger For Word. Aplikasi tambahan gratisan itu bisa didapat dari http://buzz.blogger.com/bloggerforword.html. Ukuran paket instalasinya kecil, hanya berukuran 2MB.

Cara pemakaiannya bisa diringkas seperti ini. Setelah Blogger For Word di-install, toolbar Blogger akan muncul pada Microsot Word. Kemudian, tuliskan isi blog seperti biasa, tetapi jangan online dulu, offline saja. Kalau tulisan sudah selesai, nyalakan koneksi Intenet, lalu publish deh.

Nah, cara detailnya seperti ini :
  1. Klik [Add-Ins] pada menu di sebelah atas. Opsi [Add-Ins] sebaris dengan [Home], [Insert], [Page Layout], dan lain-lain.
  2. Klik [Blogger Settings], kemudian pada kotak yang muncul, masukkan username dan password untuk masuk ke Blogger. Klik [OK].
  3. Ketikkan isi blog di dalam Word. Kalau sudah selesai, online-lah. Kemudian, klik [Publish].
  4. Masukkan judul blog dan pilih blog yang akan berisi tulisan itu. Klik [Send]. Selesai.

Dengan trik ini Anda dapat membuat banyak draft dari tulisan Anda dengan tidak melakukan 'pemborosan' waktu dan Anda pun masih dapat mengoreksi tulisan Anda tanpa harus buru - buru di kejar waktu atau karena kondisi jaringan yang pas -pasan. Semoga Bermanfaat.

Sumber: PCplus


Tidak ada komentar:

Posting Komentar