Hi quest ,  welcome  |  sign in  |  registered now  |  need help ?

EASY ICON MAKER 1.2

Written By cindi on Rabu, 10 Desember 2008 | 02.25

Mendesain satu Computer tak luput dari editing style pada Folder atau File dalam computer. Inipun tergantung selera dan seni dari si user itu sendiri, mau di modifikasi bagaimana tampilannya. Bagiku icon selain mempercantik tampilan komputer juga berfungsi untuk mendeteksi virus sekecil apapun sedini mungkin, terutama di khususkan untuk file – file. Pada umumnya orang hanya menggunakan icon standar yang memang sudah dari perusahaan microsoftnya. Postingan ini ngga ada niat untuk merubah desain asli Microsoft, Mohon Maaf yang sebesar – besarnya buat Mr. Bill Gates. He..he..he.. Aku hanya ingin berbagi tips untuk mendeteksi virus secepat mungkin melalui editing icon.


Kalau kita pakai icon standar yang memang produksi Microsoft. Microsoft Word dan Microsoft Excel, icon standarnya seperti ini :

Jika masih menggunakan icon standar dan file Anda terinfeksi virus hanya dapat diketahui dari tipe filenya saja. Iconnya tetap, ngga akan berubah. Jika Anda mengubah icon filenya, Maka file tersebut akan berubah iconnya jika terinfeksi virus, jadi sangat mudah di deteksi apakah file tersebut masih steril apa ngga. Karena icon pasti letaknya di awal nama file dimaksud, sedang type file ngga mudah terdeteksi. Karena ekstensionnya di belakang, apalagi file – file tersebut tampilannya dalam folder thumbnails atau tiles.

Nah, mengganti icon berarti sangatlah penting selain dari fungsi keindahan yang ditawarkan. Iya ngga..? mengganti Icon juga ngga terlalu sulit kok, tidak harus melalui bahasa pemograman yang punya trik – trik khusus. Tampilan – tampilan iconnya bisa langsung Anda download dalam blog ini. GRATIS..!! Terserah Anda mau pilih Icon yang mana atau mau sedot semuanya, up to you..!!

Cartoon Icon
Computer Icon
Etc Icon
Folder Icon
Games Icon
Hero Icon
Music Icon
Recycle Bin Icon
Skull Icon
Smile Icon

Kalo mau ganti icon folder atau file hasil modifikasi sendiri gimana..? kan bisa kita pakai foto sendiri atau pake gambar yang Anda inginkan sendiri. Boleh kok. Anda tinggal memodifikasinya pakai software Easy Icon Maker 1.2. Dan softwarenya bisa Anda download di sini. Dan untuk pilihan – pilihan screen shootnya silahkan Download di sini.

Hasil dari modifikasi Icon yang aku maksudkan contohnya seperti yang ada dibawah ini :
Mantap ngga..? nih bukan file foto telanjang artis – artis friend..!! nih Icon Microsoft Word dan Excel yang aku modifikasi sendiri, yang wordnya aku pakai artis Yuni Shara dan Excelnya Aku pakai Mona Ratuliu, he..he..he.. Lihat saja file ekstentionnya.

Trus gimana cara modifikasinya ya.?
Setelah software ini terinstall ke PC Anda, buka dari menu start - program, pilih Easy Icon Maker, dan setelah dalam modus siaga seperti ini........


Anda tinggal membuka folder yang berisi foto atau gambar yang ingin Anda jadikan icon, pake gambar screen shoot yang di sini juga boleh kok. Lalu pada modus siaga Icon maker tadi, Anda klik icon yang bergambar tangan


Icon maker dalam modus siaga tadi akan minimize dengan sendirinya dengan meninggalkan kotak kecil yang nantinya akan memfokuskan hasil screen shoot Anda, tampilannya seperti ini :


Catatan : Kotak screen shoot ini bisa di ubah ukurannya sesuai dengan keinginan Anda, tinggal Anda klik pada Icon ’Add new format to current icon’ atau seperti yang di tunjukkan oleh anak panah pada gambar di bawah ini



Pilih custom, terserah mau Anda taruh berapa nilainya, yang penting ukuran tersebut akan nanti membentuk screen shoot berbentuk bujur sangkar. Misal kita beri nilai 80.

Langkah selanjutnya : Setelah Anda memberi nilai kotak screen shoot atau memakai defaultnya saja, dan folder foto Anda telah dalam modus siaga, Anda tinggal mengklik icon bergambar tangan tadi, setelah minimize, atur gambarnya dalam kotak screen shoot. Ingat..!! Anda tidak akan diperbolehkan oleh software ini merubah folder tujuan yang berisi gambar lain, selain dari folder pertama yang Anda tentukan tadi, kecuali meng cancel perintah dan memulai dari awal lagi.

Setelah semuanya pas, Anda tinggal mengklik gambar yang terlihat dalam kotak tersebut pada gambar sasaran Anda. Akan muncul kotak konfirmasi SuperCool


Anda klik OK. Lalu Pilih file – Save atau Ctrl + S – pilih folder penyimpanan – Jadi deh Icon baru Anda yang mantap banget.

Trus mengganti icon file dengan icon hasil modifikasi Anda gimana?
Masuk pada Tools – Folder Option. Pada kotak folder option kita pilih file types, cari icon file yang ingin Anda ubah iconnya. Setelah di temukan Klik Advanced – Change Icon – Browse. Ingat..!! Sebelum langkah ini Anda buat, Copy pastekan dulu iconnya ke System32 pada PC Anda.


Setelah Iconnya ditemukan, lalu OK. Mudah Bukan..?
Semoga bermanfaat dan Selamat Berkreasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar